Friday, January 31, 2020

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan SD-MI SMP-MTs SMA-MA Tahun 2020

Instrumen Akreditasi IASP SD-MI SMP-MTs SMA-MA Tahun 2020
Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Instrumen Akreditasi IASP SD-MI SMP-MTs SMA-MA Tahun 2020:

Akreditasi adalah kegiatan penilaian sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi internal dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah.

Visitasi adalah kunjungan ke sekolah yang dilakukan oleh asesor untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan oleh sekolah melalui pengisian instrumen akreditasi.

Tahapan proses visitasi:
  1. Temu awal
  2. Observasi
  3. Dokumen/Wawancara/FGD
  4. Kompromi
  5. Temu Akhir
Sasaran Wawancara:
  1. Kepala Sekolah
  2. Guru
  3. Karyawan
  4. Siswa
  5. Ortu/Komite Sekolah
  6. Stake holder

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Tahun 2020

ASUMSI UTAMA PARADIGMA IASP 2020:
  1. Pergeseran dari compliance ke performance; dari rules ke principles dengan tetap mempertimbangkan standar nasional pendidikan.
  2. Penekanan diberikan kepada kompetensi lulusan dan proses pendidikan, mutu guru, dan manajemen sekolah.
  3. Kompetensi lulusan merupakan hasil dari proses pembelajaran, mutu guru, yang didukung oleh manajemen sekolah yang efektif dan efisien.

Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen:

Definisi :

Pembelajaran Tematik
Pembelajaran Tematik adalah: pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran tertentu untuk meningkatkan kinerja peserta didik.
  • Langkah pertama yang dilakukan adalah memilih tema dan mengembangkan sub tema.
  • Langkah kedua melakukan analisis SKL, KI, KD dan membuat Indikator menghasilkan produk berupa tabel analisis SKL, KI, KD dan membuat Indikator.
  • Langkah ketiga membuat hubungan pemetaan antara KD dan indikator menghasilkan yang dapat berupa tabel keterhubungan KD dan indikator.
  • Langkah keempat membuat jaringan KD. Pada tahap keempat ini selain mengembangkan jaringan KD juga mengembangkan jaringan indikator yang akhirnya menghasilkan produk jaringan KD dan Indikator.
  • Langkah kelima yaitu menyusun silabus yang menghasilkan silabus, dan langkah terakhir menyusun RPP yang menghasilkan RPP. Pada langkah penyusunan RPP terdapat tahap untuk mengembangkan materi, memilih strategi pembelajaran yang relevan, penggunaan media yang tepat, penggunaan penilaian autentik dan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar. 

Pembuktian Kinerja: 
  1. Menelaah dokumen RPP (untuk beberapa orang guru)
  2. Melakukan wawancara terhadap kepala/wakil kepala sekolah/madrasah, dan beberapa orang Guru

Petunjuk Telaah Dokumen 
Lakukan telaah dokumen RPP (untuk beberapa orang guru) dan deskripsikan hasil telaah yang mencakup: kelengkapan komponen RPP, ketepatan indikator, ketepatan pemilihan strategi/metode pembelajaran untuk proses pembelajaran.

    Download Instrumen Akreditasi IASP SD-MI SMP-MTs SMA-MA Tahun 2020

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Instrumen Akreditasi IASP SD-MI SMP-MTs SMA-MA Tahun 2020 ini silahkan lihat preview salah satu berkas dan unduh berkas lainnya pada link di bawah ini:

    Download File:

    • Download Draf IASP Tahun 2020 Tingkat SD/MI
    • Download Draf IASP Tahun 2020 Tingkat SMP/MTs
    • Download Draf IASP Tahun 2020 Tingkat SMA/MA
    • Download Draf IASP Tahun 2020 Tingkat SMK
    • Download Presentasi Paradigma Baru IASP Tahun 2020
    • Download Presentasi IASP Tahun 2020

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) Tahun 2020. Semoga bisa bermanfaat.

    0 comments:

    Post a Comment